PBA IAIN Manado-Bahasa Arab merupakan satu di antara enam bahasa lainnya yang digunakan pada tingkat internasional sebagai bahasa resmi setelah memperoleh pengakuan dari PBB sejak tahun 1974. Sebagai bahasa resmi, peruntukkannya tentu tidak luput dari kepentingan negara yang menggunakan dan/atau mengadopsi bahasa tersebut. Kepentingan yang dimaksud tercermin dalam dua ranah, yaitu ranah kepentingan komunikasi, dan ranah kepentingan identitas (agama). Kedua kepentingan ini akan menular pada orientasi kajian bahasa Arab yaitu orientasi religius, akademis, praktis dan pragmatis, serta orientasi ideologis dan ekonomi. Olehya itu, hal yang tentu sangat disayangkan jika peruntukkannya hanya sebatas pada ranah kepentingan identitas (agama).

Atas dasar pemikiran ini, Program Studi Pendidikan Bahasa Arab Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan Institut Agama Islam Negeri (IAIN) Manado, akan menyelenggarakan suatu kajian ilmu yang terpola dalam webinar Internasional dengan mengangkat tema “Peran Bahasa Arab sebagai Bahasa Internasional”. Tema tersebut dipandang cocok untuk didiskusikan lebih jauh. Selain berlandaskan pada pengembangan visi dan misi kampus IAIN Manado yang mengacu pada basis masyarakat multicultural, juga pada tujuan untuk menawarkan reposisi atau reorientasi arah pembelajaran bahasa Arab, khususnya di Indonesia.

Sesuai agenda, webinar International ini rencananya akan diselenggarakan pada hari rabu, 25 november 2020 pukul 08.00 WIB/09.00 WIB via aplikasi zoom meeting dengan menghadirkan dua narasumber dari luar negeri, yaitu Prof. Dustin Cowell (University of Wisconsin Madison, USA), yang akan mengenalkan wajah pembelajaran bahasa Arab di universitas-universitas Amerika dan Dr. Ahmad Yani, Ph.D (Universitas Islam Sultan Sharif Ali, Brunei Darussalam), yang akan mengulas soal peran pembelajaran bahasa Arab di Asia, khususnya Brunei Darussalaam. Dan dua narasumber dari dalam negeri, yaitu Dr. Nasaruddin Idris Jauhar, M.Ed (Dosen bahasa Arab UINSA Surabaya/Pendiri Lisan Araby), yang akan mengulas soal problematika dan solusi dalam pembelajaran bahasa Arab di Indonesia dan Dr. Uril Bahruddin, M.A (Warek IV UIN Maliki Malang), yang akan berbicara soal sejarah dan arah pembelajaran bahasa Arab di Indonesia. Dan kegiatan ini akan dipandu langsung oleh Kartini Ponengoh, Lc., M.Pd.I (MGMP bahasa Arab Sulut), yang bertindak sebagai moderator.

Sesuai dengan maksud penyelenggaraan webinar international ini, yaitu mengkaji soal peran dan orientasi pembelajaran bahasa Arab yang masih berkutat sebatas wacana keagamaan sebagai bahasa identitas (agama). Maka target yang dicanangkan pun sebisa mungkin melibatkan para pembelajar dan praktisi bahasa Arab, baik pendidik atau peserta didik. Baik yang berkecimpung di lembaga swasta atau negeri. Baik dari dalam atau luar negeri, semata-mata dengan tujuan membumikan maksud tersebut. Sebab, semakin banyak pihak yang dilibatkan, maka semakin banyak pula perspektif yang bisa diperoleh sebagai data untuk menimbang ke arah mana pembelajaran bahasa Arab ini diarahkan selanjutnya.

Sejauh ini panitia telah melakukan persiapan secara maksimal. Sejak awal setelah disounding, kegiatan ini menuai respon poositif. Terbukti hingga hari ini, tercatat lebih dari 700 calon peserta dari berbagai negara telah mendaftarkan diri via form registrasi yang telah disebar oleh panitia di berbagai sosial media. Di antaranya Mesir, Irak, Iran, Libya, Somalia, Saudi Arabia, Senegal, Nigeria, Thailand, Maroko, India, Yordania, Al-Jazair, Sri Langka, Suriah, Tunisia, Brunei Darussalaam, Pakistan, Nepal dan Indonesia sendiri. Tidak dipungkiri jika setiap dari calon peserta tentu memiliki ekspektasi tersendiri terhadap kegiatan ini. Olehnya itu, untuk memenuhi keragaman ekspektasi calon peserta, selaku penyelenggara kami berharap bahwa semoga melalui webinar international ini, pihak yang terlibat mampu merekatkan kedekatan emosi, menyamakan persepsi, dan langkah agar melahirkan win-win solution dalam pengembangan pembelajaran bahasa Arab secara general ke depan. (admin)


0 Comments

Leave a Reply

Avatar placeholder

Your email address will not be published. Required fields are marked *